Header Ads

Hidangan Pepes Dengan Sentuhan Anak Remaja Saat Ini



IDNBeritaTerkini – Pepes Ikan Merupakan salah satu diantara sajian yang disenangi oleh Barack Obama kecil saat tinggal di Indonesia tahun 1967 – 1971. 

Dulu pepes sangat identik sekali dengan ikan serta cara memasaknya yang menggunakan bungkus daun. Akhirnya masakan menjadi wangi serta matang. 

“Pepes itu berarti cara memasak protein hewan dengan memberikan bumbu giling, tomat iris, daun salam, batang sereh, ataupun laos, lalu dibungkus dengan daun pisang, ” tutur Chef Haryo Pramoe, Pengamat Kuliner Indonesia yang juga merupakan salah satu koki terkenal.

Pepes kegemaran Obama ternyata miliki cerita yang cukup unik. Di saat yang berbeda, dijelaskan oleh Haryo Pramoe, pepes adalah sajian favorite generasi X (kelahiran tahun 1965-1980) dan sebelumnya. 

tahun 1940 serta 1950-an waktu industri kelapa sawit belum begitu terkenal, minyak goreng juga masih tetap kalah terkenal dengan pepes. 

"Maka dari itu pengagum pepes biasanya dari kalangan umur 30 tahun ke atas, karena pada masa itu masih banyak orang yang bisa menikmati pepes. anak-anak jaman sekarang tak akan menikmati pepes lagi, karena saat ini pepes dianggap sesuatu yang kuno serta kurang nikmat untuk makanan," ungkap Chef Haryo. 

Seiring waktu berjalan, kreasi masakan Indonesia selalu berkembang. Hingga waktu itu resep pepes sedemikian berkembangnya sesuai dengan selera serta kreasi seperti ayam, telur, telur ikan, pepes tahu, jamur tiram, cumi, kerang, daun pakis, rempela ayam, dan lain lain.

Pepes Ikan Mas (IDNBeritaTerkini)
Uniknya waktu pepes itu selanjutnya menyentuh generasi milenium, ia beralih bentuk menjadi mencolok. Ciri-khasnya yang kreatif membuatnya tidak hanya merubah isi pepes dari ikan, namun bumbu sampai cara memakannya. 

“Ketika generasi milenium merespon pepes, mereka juga akan menghubungkan dengan masukan sewaktu mereka kecil pada makanan di industri modern. Akhirnya seperti di Solo dikombinasi dengan bumbu pasta,” tutur Chef Haryo. 

Pasta Buntel adalah sajian pepes yang dipadukan dengan bahan pasta ciri khas Italia. Paduan pasta dengan pepes saat ini tengah ramai di Solo. 

Ia juga mencontohkan satu diantara transformasi pepes kekinian sekali lagi adalah pepes mie instan, dengan tumis kornet serta telur kocok. Dipadukan bumbu sereh, daun salam, bawang putih, bawang merah, serta irisan cabe. Bumbunya relatif simpel. 

Dulu pepes sama dengan makanan pedesaan, yang dibuat dalam serabut bara api atau kayu bakar. Saat ini di tangan yang berlainan generasi beralih jadi makanan kekinian, yang digemari anak muda. Pastinya dari penampilan pastinya lebih indah dilihat.

No comments:

Powered by Blogger.